Pengembangan Modul pada Pembelajaran Ekonomi Berbasis Weblog pada Peserta Didik di Kelas XI SMAN 8 Mandau.

Rahman, Yulia (2024) Pengembangan Modul pada Pembelajaran Ekonomi Berbasis Weblog pada Peserta Didik di Kelas XI SMAN 8 Mandau. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_1_YULIA_RAHMAN_19053031_1199_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar dalam pembelajaran ekonomi yang masih kurang bervariasi, hal ini karena waktu yang dimiliki oleh guru untuk membuat bahan ajar yang terbatas. Bahan ajar yang paling sering digunakan di sekolah adalah buku cetak, sedangkan peserta didik kurang tertarik dalam membaca buku. Buku cetak juga membuat peserta didik kurang interaktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya alternatif bahan ajar yang bervariasi, menarik serta interaktif seperti modul pada pembelajaran ekonomi berbasis weblog. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul pada pembelajaran ekonomi berbasis weblog pada peserta didik di kelas XI SMAN 8 Mandau yang valid, praktis dan efektivitas berdasarkan uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D)dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 97,5% dengan kriteria sangat valid, ahli materi memperoleh persentase 88,9% dengan kriteria sangat valid, dan ahli bahasa memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas oleh guru mendapatkan hasil sebesar 99,3% dengan kriteria sangat praktis dan uji praktikalitas oleh peserta didik mendapatkan hasil 88,27% dengan kriteria sangat praktis. Uji efektivitas menunjukkan bahwa signifikasi 0,000 > 0,05 yang artinya bahwa terdapat perubahan hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakukan dan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil yang didapat dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis weblogsangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorSofia, NitaUNSPECIFIED
CorrectorHayati, Annur FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL EKONOMI, WEBLOG, PEMBELAJARAN EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 May 2024 08:36
Last Modified: 08 May 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51810

Actions (login required)

View Item View Item