Analisis Kausalitas Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah dan Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat.

Herianto, Tomy (2024) Analisis Kausalitas Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah dan Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_8_TOMY_HERIANTO_19060132_1230_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk menganalisis hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dengan indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Barat. (2) Untuk menganalisis hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dengan Pengeluaran Pemerintah di Provinsi Sumatera Barat. (3) Untuk menganalisis hubungan kausalitas antara Indeks Pembangunan Manusia dengan Pengeluaran Pemerintah di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan data dari tahun 2016-2021 dilakukan pada 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat dengan menerapkan metode analisis Panel Vector Autoregression (PVAR). yang dilanjutkan dengan Panel Vector Error Correction Model (PVECM) yang diolah menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pertumbuhan ekonomi tidak memiliki hubungan kausalitas dua arah ataupun satu arah terhadap pengeluaran pemerintah. (2) pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan kausalitas satu arah terhadap indeks pembangunan manusia. (3) indeks pembangunan manusia memiliki hubungan kausalitas satu arah terhadap pengeluaran pemerintah. Disarankan kepada Pemerintah untuk meningkatkan investasi, baik domestik maupun internasional, guna merangsang pertumbuhan ekonomi dan mempertahankan stabilitasnya. Kerja sama yang baik antara sektor swasta dan pemerintah diharapkan dapat menjadi pendorong untuk mengakselerasi perkembangan di sektor industri manufaktur dan pengolahan. Selain itu, disarankan untuk melakukan perbaikan pada struktur kelembagaan dan terus mendorong inovasi sebagai upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menambah nilai dari barang dan jasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnis, AliUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IsraUNSPECIFIED
CorrectorYeniwati, YeniwatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGELUARAN PEMERINTAH, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 May 2024 06:41
Last Modified: 08 May 2024 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51808

Actions (login required)

View Item View Item