Pengaruh Penambahan Aditif Monoethanolamine (MEA) dan Variasi Waktu Dipping terhadap Konduktivitas Lapisan Tipis Tembaga (II) Oksida (CuO) Viony Anjelina

Anjelina, Viony (2024) Pengaruh Penambahan Aditif Monoethanolamine (MEA) dan Variasi Waktu Dipping terhadap Konduktivitas Lapisan Tipis Tembaga (II) Oksida (CuO) Viony Anjelina. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_VIONY_ANJELINA_20036078_1936_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permintaan energi listrik di Indonesia berkembang pesat sehingga dibutuhkan energi alternatif sebagai cadangan energi seperti sel surya. CuO merupakan material yang dapat digunakan sebagai bahan semikonduktor untuk aplikasi sel surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan aditif MEA dan waktu dipping terhadap konduktivitas lapisan tipis CuO menggunakan metode solgel dip coating. Pada pengujian dengan FPP didapatkan konduktivitas lapisan tipis yang berbeda di tiap variasi yang membuktikan bahwa penambahan aditif MEA dan variasi waktu dipping berpengaruh terhadap konduktivitas. Berdasarkan analisis UV-DRS diperoleh data bandgap dimana lapisan tipis CuO yang disintesis memiliki bandgap dalam rentang ukuran bandgap CuO yaitu ~1,2 eV. Pada karakterisasi SEM didapatkan ketebalan sebesar 1,883μm dengan bentuk morfologi permukaan berbentuk spherical. Pada data XRF terbukti adanya kandungan CuO pada lapisan tipis yang disintesis dengan konsentrasi 0,15 untuk Cu dan 0,0062 untuk CuO. Penambahan zat aditif dan waktu dipping mempengaruhi penurunan bandgap begitu juga dengan pengaruhnya terhadap nilai konduktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADITIF MONOETHANOLAMINE, VARIASI WAKTU DIPPING, KONDUKTIVITAS LAPISAN TIPIS TEMBAGA
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2024 05:47
Last Modified: 08 May 2024 05:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51803

Actions (login required)

View Item View Item