Analisis Pengaruh Variasi Massa Serat Pelepah Pisang dengan Matrik Polypropylene (PP) terhadap Sifat Akustik dan Porositas

Santika, Viera Alvio (2024) Analisis Pengaruh Variasi Massa Serat Pelepah Pisang dengan Matrik Polypropylene (PP) terhadap Sifat Akustik dan Porositas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_VIERA ALVIO SANTIKA _18034064_1473_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Apabila masyarakat mendengar suara bising terus-menerus, maka dapat terganggunya fungsi pendengaran. Oleh karena itu, perlu adanya pengontrolan kebisingan dengan cara membuat suatu material akustik yang akan dilapisi pada dinding ruangan. Bahan alternatif yang murah dan ramah lingkungan yaitu dengan memanfaatkan limbah pelepah pisang yang diambil seratnya. Kemudian digabungkan dengan polypropylene murni sebagai pengikat serat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi massa komposisi serat pelepah pisang dengan matriks polypropylene terhadap sifat akustik dan porositas serta hubungan porositas terhadap sifat akustik. Panel komposit dibuat dengan memvariasikan persentase massa dengan perbandingan polypropylene dan serat pelepah pisang yaitu variasi 1 (90%:10%); variasi 2 (85%:15%); variasi 3 (80%:20%); variasi 4 (75%:25%); dan variasi 5 (70%: 30%). Karakterisasi yang akan dilakukan yaitu pengukuran sifat akustik dan porositas. Sifat akustik yang akan diukur pada panel komposit yaitu koefisien absorbsi bunyi, koefisien refleksi bunyi dan transmission loss menggunakan metode tabung impedansi satu mikrofon. Pengukuran sifat akustik diukur menggunakan frekuensi 250 Hz, 500 Hz, 750 Hz dan 1000 Hz. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jika komposisi serat pada komposit semakin banyak, maka nilai koefisien absorpsi bunyi dan transmission loss yang dihasilkan semakin tinggi, namun nilai koefisien refleksi bunyi yang dihasilkan semakin rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh porositas. Jika porositas panel komposit semakin banyak, maka nilai koefisien absorpsi bunyi dan transmission loss yang dihasilkan semakin tinggi, dan nilai koefisien refleksi bunyi yang dihasilkan semakin rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YeniUNSPECIFIED
CorrectorWulan, RatnaUNSPECIFIED
CorrectorJhora, Fadhila UlfaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VARIASI MASSA SERAT PELEPAH PISANG, MATRIK POLYPROPYLENE, SIFAT AKUSTIK DAN POROSITAS
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2024 02:45
Last Modified: 08 May 2024 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51796

Actions (login required)

View Item View Item