Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Sistem Sirkulasi untuk Peserta Didik SMA

Ersalina, Vega (2024) Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Sistem Sirkulasi untuk Peserta Didik SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_VEGA_ERSALINA_18031177_1307_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di sekolah dominan tulisan dan memuat sedikit gambar yang kurang jelas, materi yang terlalu ringkas, belum memuat informasi tambahan yang memperkaya pemahaman peserta didik, belum memuat kegiatan-kegiatan yang memandu kerja dan memicu pemikiran aktif dan kreatif serta pemecahan masalah peserta didik. Materi sistem sirkulasi merupakan materi yang sulit dipahami peserta didik karena memuat tujuan pembelajaran yang sangat banyak dan kurangnya gambar pendukung pemahaman materi. Oleh karena itu, dikembangkanlah LKPD elektronik berbasis pendekatan konstruktivisme pada mater sistem sirkulasi untuk peserta didik SMA. Metode petelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Intructional Development Institute (IDI) yang terdiri dari tiga tahapan: define (pendefinisian), develop (pengembangan), dan evaluate (penilaian). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen ahli Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Padang (UNP), 1 orang pendidik biologi SMA Negeri 1 IV Koto, dan 30 orang peserta didik kelas 11 SMA Negeri 1 IV Koto. Objek penelitian ini adalah LKPD elektronik berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi sistem sirkulasi untuk peserta didik SMA. Data penelitian yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari angket wawancara pendidik, angket peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas LKPD elektronik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian ini yaitu didapatkan nilai rata-rata uji validitas LKPD elektronik ini adalah 90,10% dengan kategori sangat valid. nilai rata-rata uji praktikalitas LKPD elektronik ini adalah 89,66% dengan kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan, LKPD elektronik berbasis pendekatan konatruktivisme pada materi sistem sirkulasi untuk peserta didik SMA yang telah dikembangkan mendapatkan nilai sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD ELEKTRONIK, PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME, SISTEM SIRKULASI, MODEL INSTRUKTIONAL DEVELOPMENT INSTITUTE (IDI)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 May 2024 07:19
Last Modified: 07 May 2024 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51784

Actions (login required)

View Item View Item