Keefektifan Aplikasi English Score pada Kegiatan Pre-teaching untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa di SMAN 8 Padang.

Syahada, Tika (2024) Keefektifan Aplikasi English Score pada Kegiatan Pre-teaching untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_3_TIKA_SYAHADA_20018039_5858_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di SMA, pembelajaran bahasa Inggris yang diajarkan secara tidak langsung menuntut siswa untuk mengetahui banyak kosakata. Berdasarkan pengamatan awal peneliti, penguasaan kosakata siswa di SMAN 8 Padang masih terbilang rendah. Salah satu guru bahasa Inggris di sekolah tersebut mengatakan bahwa siswa hanya mengetahui beberapa kosakata. Kemudian ulasan dari siswa menyebutkan bahwa mereka belum pernah menggunakan aplikasi berbasis mobile selama kegiatan pembelajaran. Selain itu, belum pernah ada penggunaan media pembelajaran yang memberikan tes untuk mengetahui sejauh mana penguasaan kosakata mereka. Pernyataan ini sejalan dengan tujuan dan jenis penelitian yang dilakukan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan jenis penelitian one group pre-test post-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi EnglishScore efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada kegiatan pra-pengajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 8 Padang. Populasinya berjumlah 339 siswa yang dikelompokkan ke dalam sepuluh kelas. X.E2 dipilih sebagai kelas eksperimen melalui metode cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan selama delapan kali pertemuan pada jam pelajaran. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Soal tes berdasarkan pada adaptasi dari dua teks narasi yang terdiri dari 15 soal. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi dari two-tailed paired sample t-test adalah sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kesimpulannya, hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi EnglishScore efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamadhani, SyafitriUNSPECIFIED
CorrectorSafitri, DianUNSPECIFIED
CorrectorSari, SenoricaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI ENGLISH SCORE, PRE-TEACHING, KOSA KATA
Subjects: P Language and Literature > PE English
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 May 2024 03:37
Last Modified: 07 May 2024 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51777

Actions (login required)

View Item View Item