Nilai-Nilai Sosial Budaya dalam Novel Burung Kayu Karya Niduparas Erlang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA.

Putri, Srikandi (2024) Nilai-Nilai Sosial Budaya dalam Novel Burung Kayu Karya Niduparas Erlang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_SRIKANDI_PUTRI_17016076_1830_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, pertama, mendeskripsikan nilai nilai sosial budaya yang terdapat dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang. Kedua, mendeskripsikan implikasi nilai-nilai sosial budaya yang terdapat dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang dalam pembelajaran teks novel kelas XII SMA. Selanjutnya teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, yaitu (1) membaca dan memahami secara keseluruhan novel Burung Kayu karya Niduparaas Erlang, (2) melakukan studi kepustakaan terkait dengan hal-hal yang diteliti (nilai-nilai sosial budaya) agar diperoleh pemahamah mengenai permasalahan yang diteliti, (3) menemukan data-data yang sesuai dengan masalah penelitian (nilai-nilai sosial budaya) yang terdapat di dalam novel Burung Kayu karya Niduparaas Erlang. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada tiga kriteria, yaitu kredibilitas, ketergantungan, dan kepastian. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah kerja sebagai berikut: (1) reduksi data, dengan cara memilih data yang dianggap penting, (2) penyajian data, dilakukan dalam bentuk tabulasi atau penyajian tabel-tabel, (3) melakukan verifikasi data atau penyimpulan dilaksanakan dengan cara menelaah lebih lanjut hasil penyajian data berdasarkan kajian keilmuan yang relevan. Hasil penelitian ini adalah terdapat 23 data nilai-nilai sosial budaya dalam satuan peristiwa yang dianalisis dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang dengan rincian sebagai berikut. Pertama, terdapat nilai budaya hubungan manusia dengan Tuhan ditemukan 5 data, Kedua, terdapat 4 nilai budaya hubungan manusia dengan alam. Ketiga, nilai budaya hubungan manusia dengan masyarakat yang ditemukan 3 data. Keempat, nilai budaya hubungan manusia dengan manusia, ditemukan 5 data. Kelima, nilai budaya hubungan manusia dengan dirinya sendiri, ditemukan 6 data.Nilai nilai sosial budaya yang paling dominan dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang adalah nilai budaya hubungan manusia dengan dirinya sendiri, yaitu sebanyak 6 peristiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SOSIAL BUDAYA, NOVEL, PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 May 2024 03:37
Last Modified: 07 May 2024 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51776

Actions (login required)

View Item View Item