Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, dan Kompleksitas Pemerintahan Terhadap Transparansi Informasi Keuangan Daerah Via Website (Studi Empiris pada Pemerintah Provinsi di Indonesia Tahun 2019-2021)

Dezalinda, Sophi (2023) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, dan Kompleksitas Pemerintahan Terhadap Transparansi Informasi Keuangan Daerah Via Website (Studi Empiris pada Pemerintah Provinsi di Indonesia Tahun 2019-2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SOPHI_DEZALINDA_18043065_1549_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan data aktual mengenai dampak pendapatan asli daerah, belanja daerah, dan kompleksitas pemerintahan terhadap transparansi informasi keuangan daerah via website di Indonesia. Berdasarkan aksesibilitas perolehan informasi keuangan daerah dengan observasi penelitian selama tiga tahun, penelitian ini melihat transparansi informasi keuangan pada website pemerintah di 34 provinsi di Indonesia. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji penelitian ini. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah secara signifikan meningkatkan transparansi informasi keuangan daerah via website. Namun, untuk variabel belanja daerah dan kompleksitas pemerintahan tidak memiliki pengaruh terhadap transparansi informasi keuangan daerah via website. Hasil ini mendukung teori sinyal yang menyatakan bahwa tingginya pendapatan asli daerah menandakan bahwa pemerintah berhasil melaksanakan kewajibannya kepada masyarakat. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk menetapkan peraturan internal maupun eksternal, untuk meningkatkan transparansi data keuangan di website pemerintah daerah ke depannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VanicaUNSPECIFIED
CorrectorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 May 2024 03:37
Last Modified: 07 May 2024 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51774

Actions (login required)

View Item View Item