Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI Fase F SMA Negeri 8 Padang

Hasanah, Uswatun (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI Fase F SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_USWATUN_HASANAH_19029173_2627_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Namun, kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI Fase F SMA Negeri 8 Padang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan komunikasi yang diberikan kepada peserta didik. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas XI Fase F SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan rancangan Non-equivalent posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Fase F SMA Negeri 8 Padang tahun ajaran 2023/2024 dengan kelas XI F.1 dan XI F.2 sebagai kelompok sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk essay. Pembuktian hipotesis penelitian ini dengan menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai P-value 0,005. Karena nilai P-value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 May 2024 02:00
Last Modified: 07 May 2024 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51772

Actions (login required)

View Item View Item