Penerimaan Teknologi Chat GPT di Kalangan Mahasiswa: Studi Deskriptif Model TAM pada Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan 2020 Universitas Negeri Padang.

Dasian, Rahayu Sukma Izzati (2024) Penerimaan Teknologi Chat GPT di Kalangan Mahasiswa: Studi Deskriptif Model TAM pada Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan 2020 Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_RAHAYU_SUKMA_IZZATI_DASIAN_19234089_1094_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerimaan teknologi ChatGPT dikalangan mahasiswa program studi Teknik Informatika Angkatan 2020 Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan menggunakan model TAM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan ChatGPT di kalangan mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan sampeljenuh. Data penelitian diperoleh darihasil kuesioner yang disebarkan pada 89 sampel yang merupakan mahasiswa teknik informatika angkatan 2020.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penerimaan teknologi ChatGPT di kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan 2020 Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, dengan lima indikatornya yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,61. Adapun indikatornya antara lain (1) Persepsi kemudahan pengguna, memperoleh nilairata-rata sebesar 2,64 yang skala intervalnya positif atau dikategorikan baik, artinya kemudahan penggunaan ChatGPT sehingga tidak memerlukan keahlian khusus dapat diterima oleh kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan 2020. (2) Persepsi kebermanfaatan pengguna, memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,65 yang skala intervalnya positif atau dikategorikan baik, artinya ChatGPT memberikan manfaat dalam membantu kinerja pengguna sehingga indikatordapat diterima oleh kalangan mahasiswa ProgramStudiTeknik Informatika Angkatan 2020.(3)Niat untukmenggunakan, memperolehnilairata-ratasebesar 2,57 yang skala interval positif atau dikategorikan baik, artinya penggunaan ChatGPT yang akan digunakan kembali dalam jangka waktu yang lebih lama dapat diterima oleh kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan 2020. (4) Kondisi nyata penggunaan sistem memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,60 yang skala interval positif atau dikategorikan baik, artinya pengguna menggunakan ChatGPT dengan sebenar-benarnya untuk membantu kinerja pengguna sehingga dapat diterima oleh kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan2020.(5)Sikapterhadappenggunaan,memperolehnilairata-ratasebesar 2,61 yang skala intervalnya positif atau dapat dikategorikan baik, artinya berdasarkan evaluasi pengguna ChatGPT dapat dirasakan dampak penggunaan ChatGPTsehingga indikator inidapat diterima olehkalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Angkatan 2020. Meskipun dikategorikan baik, penggunaan ChatGPT ini bisa memberikan dampak negatif bagi mahasiswaseperti ketergantungan terhadap ChatGPT yang akan mempengaruhi kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan kurangnya interaksisosial seperti diskusi karena telalu mengandalkan ChatGPT dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNOLOGI INFORMASI, CHATGPT, INFORMATIKA
Subjects: T Technology > GT Technology (general) > GT General Technology
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 May 2024 09:01
Last Modified: 06 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51765

Actions (login required)

View Item View Item