Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Padang Panjang Berdasarkan Gaya Belajar

Putri, Silvani Mustika (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Padang Panjang Berdasarkan Gaya Belajar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Silvani_Mustika_Putri_19031107_1188_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan 4C, salah satunya keterampilan berpikir kritis (critical thinking). Keterampilan berpikir kritis penting untuk dimiliki siswa, agar dapat melatih diri untuk mencari kebenaran dari setiap informasi yang didapatkan. SMAN 2 Padang Panjang sudah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan melakukan pembagian karakteristik gaya belajar pada siswa Fase E. Pembelajaran sudah berorientasi pada keterampilan berpikir kritis, namun masih belum optimal dan data mengenai keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan gaya belajar belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 2 Padang Panjang berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode campuran (mixed method). Populasi penelitian adalah siswa Fase E SMA Negeri 2 Padang Panjang pada tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan sampel penelitian yaitu 5 orang dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen data kuantitatif berupa soal tes essay keterampilan berpikir kritis yang telah valid dan realibel. Pengolahan data kuantitatif menggunakan Microsoft Excel. Instrumen data kualitatif berupa pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh data keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 2 Padang Panjang berdasarkan gaya belajar. Gaya belajar kinestik memperoleh rata-rata 53,65 dengan kategori rendah, gaya belajar auditorial memperoleh rata-rata 62,82 dengan kategori sedang, dan gaya belajar visual memperoleh rata-rata 74,6 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa Fase E di SMAN 2 Padang Panjang Tahun Ajaran 2023/2024 pada siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar kinestetik dan siswa dengan belajar auditorial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 May 2024 09:01
Last Modified: 06 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51764

Actions (login required)

View Item View Item