Ningsih, Naina Sucia (2024) Pengaruh Collaborative Strategi Reading(CSR) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fantasi SiswaKelas VII SMP N 13 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
|
Text
B1_2_NAINA_SUCIA_NINGSIH_20016022_1079_2024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian iniadatiga.Pertama,mendeskripsikantingkatketerampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP N 13Padangsebelummenggunakancollaborativestrategicreading(CSR).Kedua,mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasisiswa kelas VII SMP N 13 Padang sesudah menggunakan collaborative strategicreading (CSR). Ketiga, menganalisis pengaruhcollaborative strategic reading(CSR) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswa kelasVIISMP N 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPN13Padangyangterdaftartahun ajaran 2023-2024 sebanyak 286 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VII.3 yang berjumlah 32 orang melalui teknik penarikan data secarapurposivesampling.Teknikpengumpulandatainisebagaiberikut.Pertama,melakukan pretest keterampilan membaca. kedua, lembaran hasil kerja diberikanskor.Ketiga,melalukanprosespembelajaranmenggunakancollaborativestrategicreading(CSR).Keempat,siswamengerjakanposttestketerampilanmembaca.Kelima, lembaran hasilposttest diberikanskor. Berdasarkananalisisdatadanpembahasan,terdapattigahasiltemuanpenelitian. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswakelasVIISMPN13Padangsebelummenggunakancollaborativestrategicraeding (CSR) berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata67,94. Kedua,keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswa kelasVII SMP N 13 Padang sesudah menggunakancollaborative strategic raeding(CSR) berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 84,51. Ketiga,terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan CSR terhadap keterampilanmembaca pemahaman teks cerita fantasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengannilai keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan CSR terhadapsiswakelasVIISMPN13Padanglebihtinggidibandingkandengannilaiketerampilanmembaca pemahaman sebelum menggunakan CSR terhadap siswakelas VII SMP N 13 Padang. Berdasarkan uji-t, hipotesis alternative (H1) diterimadengantaraf signifikan95%dandk=n-1karenathitung>ttabel(10,76>1,67). BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaCSRmemilikipengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman dan CSRdapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teksceritafantasi siswakelasVIISMP N 13 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MEMBACA, TEKS CERITA, FANTASI SISWA | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mutia Farida | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 May 2024 06:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 May 2024 06:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51753 |
Actions (login required)
View Item |