Kemas Ulang Informasi dipertuan Agung Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam Bentuk Media Elektronik.

Farida, Mutiara (2024) Kemas Ulang Informasi dipertuan Agung Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam Bentuk Media Elektronik. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUTIARA_FARIDA_20026121_823_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan kemas ulang informasi dipertuan Agung Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam Bentuk Media Elektronik. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah penulisan deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara observasi dan wawancara bersama Kepala pimpinan adat Dipertuan Kinali. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa informasi mengenai Dipertuan Kinal iini belum pernah disajikan dalam bentuk buku, e-book, maupun dalam bentuk audio visual.Kurangnya media dan minimnya informasi yang digunakan dalam menyampaikan informasi mengenai Dipertuan Kinali membuat masyarakat umum tidak mengetahui apa itu Dipertuan dan apa saja tugas dari seorang Dipertuan. Adapun tahapan dalam pembuatan kemasulang informasi Dipertuan Agung Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam bentuk media elektronik terdiri dari 9 tahapan yaitu; (1) identifikasi kebutuhan pengguna ditemukan beberapa permasalahan, yaitu kurangnya informasi mengenai Dipertuan Kinali, masyarakat membutuhkan informasi terkait sejarah dipertuan dan apa saja fungsi maupun tugas dari seorang Dipertuan; (2) mengumpulkan informasi dengan caraobservasi dan wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi; (3) pengemsaninformasidilakukandengancaramenentukanbentukkemasaan, carapengemasanya yang menarik; (4) menentukan sasaran pengguna, sasaran yang dituju yaitu masyarakat umum, pelajar, dan trasmigrasi kedaerah Kinali; (5) menentukan strategi dalam mencari jenis sumberin formasi, sumber informasi yang didapatkan yaitu berupa buku, jurnal, majalah, maupun hasil wawancara dengan cara melalui observasi langsung dengan narasumber; (6) menetapkan cara penyebarluasan produk kemasulang informasi, dengan cara menyebarluaskan melalui buku, e-book dan video mengenai Dipertuan Kinali; (7) mentransfer informasi kedalam bentuk tercetak, bertujuan agar pengguna dapat membaca langsung dalam bentuk e-book maupun video; (8) mendistribusikan kemasan informasi, penyebarluasan informasiini dengan cara promosi dan memberikan beberapa produk kepada masyarakat dan beberapa instansilainnya; (9) evaluasi produk dilakukan dengan cara melakukan uji coba produk kepada masyarakat dengan cara memberik anangket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA ELEKTRONIK, KEMASAN INFORMASI, PERPUSTAKAAN
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 May 2024 06:27
Last Modified: 06 May 2024 06:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51752

Actions (login required)

View Item View Item