Pengaruh Pengendalian Internal dan Financial Disress terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021).

Khairani, Kinanti Aurora (2023) Pengaruh Pengendalian Internal dan Financial Disress terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_KINANTI_AURORA_KHAIRANI_19043151_1356_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Laporan keuangan merupakan gambaran kondisi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Salah satu prinsip yang dapat digunakan untuk menyusun laporan keuangan adalah prinsip konservatisme. Penggunaan konservatisme akuntansi dalam menyusun laporan keuangan dapat mengurangi asimetri infomasi dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal dan financial distress terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 163 sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan financial distress berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai topik konservatisme akuntansi pada perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain yang mungkin berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaqwa, SalmaUNSPECIFIED
CorrectorDwita, SanyUNSPECIFIED
CorrectorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 May 2024 03:55
Last Modified: 06 May 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51750

Actions (login required)

View Item View Item