Pengaruh Promosi Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Apar Mangrove Park Kota Pariaman

Azni, Serena (2023) Pengaruh Promosi Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Apar Mangrove Park Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_SERENA_AZNI_19135127_8745_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Promosi merupakan kekuatan utama dari sebuah objek wisata. Salah satu media melakukan promosi adalah dengan instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer, sehuingga pelaku bisnis memenfaatkannya untuk promosi. Desa apar memiliki akun instagram yaitu @desa_wisata_apar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh promosi instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Apar Mangrove Park Kota Pariaman. Jenis penelitian survey data kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pemah berkunjung ke Apar Mangrove Park Kota Pariaman minimal satu kali, dengan sampel sebanyak 325 orang. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket yang tersusun menggunakan skala likert yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari penelitian ini menyatakan promosi instagram berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 63,42%, dan keputusan berkunjung berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 70,09%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada uji regresi linear sederhana diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05, maka artinya variabel promosi instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y). Untuk hasil persamaan koefisien regresi sebesar 0,237 dengan nilai Sig 0,000< 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar satuan promosi instagram akan meningkatkan 0,237 satuan keputusan berkunjung. Selanjutnya, nilai R square sebesar 0,08 artinya pengaruh promosi instagram terhadap keputusan berkunjung adalah sebesar 8,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorManvi, Kurnia IllahiUNSPECIFIED
CorrectorAdrian, ArifUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 May 2024 09:18
Last Modified: 03 May 2024 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51732

Actions (login required)

View Item View Item