Meta Analisis Pengaruh Model Cooperative Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika SMA/MA Peserta Didik

Nissa H, Tiara Alwafa (2024) Meta Analisis Pengaruh Model Cooperative Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika SMA/MA Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_TIARA_ALWAFA_NISSA_HUANG_19033064_2733_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share merupakan model pembelajaran yang banyak diterapkan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Banyak penelitian telah dilakukan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik setelah diterapkan model kooperatif tipe TPS. Penelitian ini bertujuan untuk menghimpun penelitian terdahulu untuk kemudian mengetahui besar pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika peserta didik secara umum serta berdasarkan materi pembelajaran dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian meta analisis. Teknik analisis data yang digunakan merupakan perhitungan summary effect size berdasarkan formula Cohen’s dengan data-data statistik yang didapatkan melalui analisis studi. Perhitungan summary effect size dapat dilakukan dengan dua model yang dipilih berdasarkan asumsi populasi apakah seragam atau bervariasi yaitu model fixed effect dan model random effect. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika secara keseluruhan yaitu sebesar 1,98 dengan kategori pengaruh tinggi. Hal ini berarti secara keseluruhan model koopertif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar fiska peserta didik. Adapun berdasarkan materi pembelajaran nilai summary effect size yang paling tinggi adalah pada materi besaran dan pengukuran dengan 5,03 pada kategori pengaruh tinggi. Nilai tersebut berarti model kooperatif tipe TPS paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi besaran dan pengukuran. Sementara itu, nilai summary effect size paling besar berdasarkan media pembelajaran adalah pada media animasi sebesar 1,61 dengan kategori sangat tinggi. Hal ini berarti model kooperatif ripe TPS dengan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: META ANALISIS, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, THINK PAIR SHARE, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2024 09:18
Last Modified: 03 May 2024 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51730

Actions (login required)

View Item View Item