Hubungan Antara OPAC dengan Kebutuhan Informasi Pemustaka di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang.

Arif, Muhammad Zaki (2024) Hubungan Antara OPAC dengan Kebutuhan Informasi Pemustaka di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_MUHAMMAD_ZAKI_ARIF_18234051_959_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan teknologi informasi pada perpustakaan memiliki keterkaitan dengan penelusuran informasi yaitu pada aktivitas menemukan kembali informasi. pemustaka jarang menggunakan OPAC untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, hal tersebut terjadi karena tidak adanya bimbingan pemustaka yang dilakukan oleh pustakawan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara OPAC dengan Kebutuhan Informasi pemustaka di perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi yaitu pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan sebanyak 514 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling menggunakan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 orang. Instrumen menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antar OPAC dengan Kebutuhan Informasi pemustaka di Perpustakaan Politeknik Kementerian Kesehatan Padang secara keseluruhan dengan kategori tinggi yang berarti OPAC pada layanan sistem temu balik informasi telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil skor rata-rata masing-masing indikator pada variabel X dan Y. Adapun korelasi antara variabel X dan variabel Y didapatkan hasil sebesar 0,398 dengan signifikansi < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa X terhadap Y memiliki korelasi. Sedangkan koefisien determinasi R Square didapatkan 0,159 yang berarti variabel OPAC berpengaruh sebesar 15,9% terhadap Kebutuhan Informasi di perpustakaan Poltekes Kementrian Kesehatan Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: OPAC, INFORMASI, PEMUSTAKA
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 May 2024 09:18
Last Modified: 03 May 2024 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51729

Actions (login required)

View Item View Item