Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Batu Manda di Negarian Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ramadano, Muhammad (2024) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Batu Manda di Negarian Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMMAD_RAMADANO_18234092_1109_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Batu Manda di Negarian Sungai Talang kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Batu Manda di Negarian Sungai Talang kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian foklor dengan menggunakan metode deskripsif. Data pada penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Batu Manda di Negarian Sungai Talang kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Data dikumpulkan dari informan melalui dua tahap, yaitu: (1) tahap perekaman cerita rakyat legenda Batu Manda, dan (2) tahap pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Data tentang lingkungan penceritaan dikumpulkan dengan teknik pencatatan, pengamatan, dan wawancara. Data dalam peneltian ini dianalisis dengan empat tahap, yaitu: (1) tahap identifikasi data, data yang dikumpulkan dari informan diidentifikasi melalui tahap transliterasi data; (2) tahap klasifikasi data atau analisis data; (3) tahap pembahasan atau penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data; (4) tahap pelaporan. Hasil penelitian sebagai berikut. Struktur cerita rakyat legenda Batu Manda di Negarian Sungai Talang kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota terdiri atas: (1) gaya bahasa menggunakan dialek Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota yang mudah dipahami dan menarik karena menggunakan pepatah Minang; (2) tokoh dan penokohan yakni tokoh utama adalah Batu Manda dan tokoh tambahan adalah Batu Raja dan Batu Menggigil; (3) latar meliputi latar tempat yaitu persawahan dan perbukitan, latar waktu yaitu zaman dahulu, dan latar sosial yaitu hal-hal yang berhubungan dengan prilaku sosial masyarakat; (4) alur atau plot cerita adalah, tahap awal berisi informasi penting yang berkaitan dengan dikisahkan, tahap tengah adalah tahap yang menampilkan perkaitan pertentangan atau konflik yang sudah dimunculkan pada tahap sebelumnya, dan tahap akhir adalah tahap penyelesaian; (5) tema dari cerita adalah konflik sosial yaitu keserakahan dan ketidak puasan sehingga merampas hak orang lain; (6) amanat yang disampaikan yaitu jangan pernah memaksakan keinginan demi mendapatkan sesuatu. Fungsi cerita rakyat legenda Batu Manda di Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota terdiri atas menghibur dan mendidik. (a) Menghibur, cerita rakyat legenda setempat Batu Manda berfungsi sebagai sarana hiburan. dan (b) Mendidik, Cerita rakyat legenda setempat Batu Manda berfungsi sebagai sarana pendidikan diantaranya: mendidik untuk tidak hiri hati, agar memiliki sifat pemberani, tanggung jawab, dan mendidik cinta damai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CERITA RAKYAT, LEGENDA, SASTRA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 May 2024 08:08
Last Modified: 03 May 2024 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51724

Actions (login required)

View Item View Item