Analisis Sentimen Data Twitter terhadap Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo Tahun 2024 Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier

Mutia, Tasya (2024) Analisis Sentimen Data Twitter terhadap Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo Tahun 2024 Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_TASYA_MUTIA_20037062_257_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Presiden Indonesia saat ini telah memegang jabatan selama 2 periode berturut-turut, berdasarkan peraturan tidak bisa dicalonkan lagi pada periode berikutnya. Beberapa lembaga survei telah mengeluarkan hasil surveinya terhadap beberapa bakal calon presiden tahun 2024. Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas yang baik untuk menjadi calon Presiden Indonesia pada pemilihan presiden tahun 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi dan tingkat akurasi terhadap bakal calon presiden Ganjar Pranowo Tahun 2024 menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Metode yang diterapkan yaitu Naive Bayes Classifier dalam melihat tingkat akurasi terhadap bakal calon presiden Ganjar Pranowo Tahun 2024. Data yang diambil berdasarkan hasil dari crawling data dengan kata kunci “capres granjar pranowo” sebanyak 473 dengan histori tweet pada tanggal 21 April 2023 sampai dengan 31 Juli 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki sentimen positif terhadap bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Metode Naive Bayes Classifier memiliki tingkat akurasi yang tinggi dengan nilai accuracy sebesar 82% dan recall positif sebesar 83% serta recall negatif sebesar 75%. Adapun nilai recall untuk kelas sentimen positif lebih tinggi dibanding sentimen negatif. Hal ini disebabkan karena jumlah data untuk kelas positif lebih banyak dibandingkan kelas negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorMartha, ZamahsaryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS SENTIMEN, GANJAR PRANOWO, NAIVE BAYES CLASSIFIER
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2024 07:47
Last Modified: 03 May 2024 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51716

Actions (login required)

View Item View Item