Pengaruh Tourist Experience Terhadap Revisit Intention di Pantai Air Manis Padang

Frizanisky. S, Sellina (2023) Pengaruh Tourist Experience Terhadap Revisit Intention di Pantai Air Manis Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_SELINA_FRIZANISKY_S_18135328_3454_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan seperti terjadinya ketidakstabilan data tingkat kunjungan wisatawan, terdapat keluhan dari wisatawan tentang lingkungan yang masih banyak sampah yang berserakan, sehingga menggangu keindahan pemandangan serta pengunjung tidak dapat mendapatkan kesan estehetic (senang dan gembira) saat menikmati keindahan pantai tersebu, area batu malin kundang yang digunakan oleh pedagang sebagai tempat berjualan serta icon tersebut kurang terjaga kelestarianya, kurangnya unsur educational pada objek tersebut. Seperti belum adanya wisata budaya dan kurangya atraksi wisata, wisatawan tidak merekomendasikan atau mereferensikan destinasi pantai air manis kepada orang lain, ada wisatawan yang tidak menyarakan untuk belibur ke pantai tersebut. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh tourist experience terhadap revisit intention di pantai air manis padang terhadap. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan data kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Air Manis Padang. Populasi dari penelitian ini sebanyak 7.403 responden. Sampel penelitian ini sebanyak 99 orang responden, Jenis teknik non-probabilitay sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tourist experience berada pada kategori cukup baik yaitu dengan persentase 40,41 %, selanjutnya pada revisit intention berada pada kategori cukup baik dengan persentase 40,41 %. Pengaruh tourist experience (X) terhadap revisit intention (Y) yaitu 52,3%, kemudian 47,7% dipengaruhi oleh faktor lain, Selanjutnya hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 7 .393 dengan sig 0.000 < 0,05, artinya variabel tourist experience terhadap revisit intention berpengaruh secara signifikan, serta diperoleh nilai t hitung sebesar 10.309 dengan sig 0.000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWulandari, Dwi PratiwiUNSPECIFIED
CorrectorFiza, Adek KurniaUNSPECIFIED
CorrectorAdrian, ArifUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 May 2024 07:26
Last Modified: 06 May 2024 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51715

Actions (login required)

View Item View Item