Perbandingan Decision Tree Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) dengan C4.5 dalam Klasifikasi Masalah Gizi pada Balita di Indonesia

Syaqhasdy, Nadhea Ovella (2023) Perbandingan Decision Tree Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) dengan C4.5 dalam Klasifikasi Masalah Gizi pada Balita di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Nadhea_Ovella_Syaqhasdy_19337059_408_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Status gizi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karena menjadi syarat mutlak menuju pembangunan Indonesia. Status gizi yang bermasalah dapat menurunkan kualitas SDM sehingga berdampak kepada penurunan kesehatan hingga ekonomi masyarakat. Tujuan analisis adalah untuk mengetahui bentuk pohon keputusan, atribut yang menjadi kriteria utama, dan perbandingan accuracy, specitivity, sensitifity dalam klasifikasi masalah gizi pada balita di Indonesia. Metode yang digunakan ialah algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) dan C4.5. Atribut yang digunakan adalah underweight, stunting, dan wasting. Data yang digunakan adalah data hasil studi status gizi Indonesia yang tersebar di 490 Kab/Kota dengan atribut target akut, kronis, dan akut-kronis. Perhitungan kedua metode menggunakan entropy dan information gain. Pada algoritma C4.5 perhitungan ditambah dengan split info dan gain ratio. Evaluasi ketepatan klasifikasi yang digunakan adalah confusion matrix yang terdiri dari nilai accuracy, specitivity, dan sensitifity. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah algoritma ID3 dan C4.5 mampu mengkontruksikan pohon keputusan pada masalah gizi balita di Indonesia dengan menghasilkan 62 Kab/Kota tepat diklasifikasikan sebagai kelas Akut, 296 Kab/Kota tepat diklasifikasikan sebagai Akut-Kronis dan 26 Kab/Kota tepat diklasifikasikan sebagai kelas Kronis. Atribut utama yang menjadi penentu masalah gizi balita adalah atribut stunting. Evaluasi ketepatan hasil kedua algoritma menunjukkan bahwa algoritma ID3 dan C4.5 sama-sama baik dalam mengklasifikasikan masalah gizi balita di Indonesia, yang ditunjukkan oleh nilai accuracy model klasifikasi sebesar 98,97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartha, ZamahsaryUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 04:11
Last Modified: 02 May 2024 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51676

Actions (login required)

View Item View Item