Penerapan Layanan Biblioterapi Menggunakan Model Biblioterapi Kognitif di Perpustakaan Sekolah: Studi Kasus Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi

Prasetyo, Aristyo Dwika (2024) Penerapan Layanan Biblioterapi Menggunakan Model Biblioterapi Kognitif di Perpustakaan Sekolah: Studi Kasus Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_Aristyo_Dwika_Prasetyo_20234066_664_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan layanan biblioterapi menggunakan model biblioterapi kognitif di Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama yaitu kriteria pemilihan literatur telah diterapkan dengan baik berdasarkan beberapa kriteria yakni sesuai tema permasalahan, selain itu juga disesuaikan dengan kemampuan membaca yang diharapkan mampu menimbulkan pola pikir secara kritis dan perasaan pantang menyerah dalam menghadapi permasalahan, muatan literatur juga menjadi faktor pendukung dalam pemilihan literatur. Kedua yaitu bentuk motivasi yang diberikan yakni berupa motivasi dalam bentuk verbal berupa kata-kata positif serta dalam bentuk sikap yang memberikan rasa tenang dan mampu memberikan rasa semangat dan menumbuhkan motivasi bagi siswa itu sendiri serta kondisi lingkungan sekitar yang mampu memberikan dukungan tambahan bagi siswa dalam menghadapi permasalahan. Ketiga yaitu kualitas konselor, konselor telah melaksanakan layanan biblioterapi kognitif dengan baik untuk melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari memahami keluhan siswa, konselor juga mampu membangun komunikasi yang baik sehingga tercipta kedekatan antara siswa dengan pustakawan dan juga guru bimbingan konseling, konselor juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam pelaksanaan layanan biblioterapi kognitif serta mampu bertanggung jawab untuk mencari alternatif solusi dari setiap permasalahan yang dialami agar siswa mampu mempertimbangkan dan memilih berbagai solusi yang disediakan dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
NarratorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Apr 2024 09:10
Last Modified: 30 Apr 2024 09:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51670

Actions (login required)

View Item View Item