Prasetyo, Aristyo Dwika
(2024)
Penerapan Layanan Biblioterapi Menggunakan Model Biblioterapi Kognitif di Perpustakaan Sekolah: Studi Kasus Perpustakaan Sunaryaman Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan layanan
biblioterapi menggunakan model biblioterapi kognitif di Perpustakaan Sunaryaman
Musthofa SMA Negeri 1 Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yakni menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dalam tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama yaitu kriteria pemilihan
literatur telah diterapkan dengan baik berdasarkan beberapa kriteria yakni sesuai
tema permasalahan, selain itu juga disesuaikan dengan kemampuan membaca yang
diharapkan mampu menimbulkan pola pikir secara kritis dan perasaan pantang
menyerah dalam menghadapi permasalahan, muatan literatur juga menjadi faktor
pendukung dalam pemilihan literatur. Kedua yaitu bentuk motivasi yang diberikan
yakni berupa motivasi dalam bentuk verbal berupa kata-kata positif serta dalam
bentuk sikap yang memberikan rasa tenang dan mampu memberikan rasa semangat
dan menumbuhkan motivasi bagi siswa itu sendiri serta kondisi lingkungan sekitar
yang mampu memberikan dukungan tambahan bagi siswa dalam menghadapi
permasalahan. Ketiga yaitu kualitas konselor, konselor telah melaksanakan layanan
biblioterapi kognitif dengan baik untuk melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari
memahami keluhan siswa, konselor juga mampu membangun komunikasi yang baik
sehingga tercipta kedekatan antara siswa dengan pustakawan dan juga guru
bimbingan konseling, konselor juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang
mumpuni dalam pelaksanaan layanan biblioterapi kognitif serta mampu bertanggung
jawab untuk mencari alternatif solusi dari setiap permasalahan yang dialami agar
siswa mampu mempertimbangkan dan memilih berbagai solusi yang disediakan
dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Actions (login required)
|
View Item |