Efektivitas Penambahan Diethanolamine (DEA) sebagai Aditif dalam Sintesis dan Karakterisasi SnO2 Powder Menggunakan Metode Sol-Gel

Patriela, Miftah (2024) Efektivitas Penambahan Diethanolamine (DEA) sebagai Aditif dalam Sintesis dan Karakterisasi SnO2 Powder Menggunakan Metode Sol-Gel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Miftah_Patriela_20036102_1653_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan energi listrik semakin meningkat dengan meningkatnya ekonomi dan jumlah penduduk di Indonesia. Sumber energi fosil digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi listrik dan akan habis jika dipakai terusmenerus. Sumber energi fosil dapat digantikan dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik nasional. Salah satu Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dapat dikembangkan adalah semikonduktor. Pada penelitian ini menggunakan nanomaterial SnO 2 dengan menambahkan zat aditif Diethanolamine (DEA). Tujuan dari penambahan aditif pada penelitian ini adalah untuk mengamati efektivitas dari penambahan DEA pada nilai celah pita, fasa Kristal, dan morfologi permukaan pada SnO 2 . Pada penelitian ini menggunakan metode sol-gel untuk sintesis SnO 2 . Metode sol-gel adalah konversi monomer menjadi larutan koloid (sol) yang berfungsi sebagai prekursor untuk jaringan terintegrasi (gel) baik partikel diskrit atau polimer jaringan. Beberapa keunggulan metode sol-gel yaitu homogenitas produknya baik, mudah dalam mengontrol komposisi, menggunakan temperatur yang relatif rendah, area pelapisan luas, biaya peralatan rendah, memiliki sifat optik yang baik, sederhana, dan tingkat pemakaian energi dan bahan rendah. Nanomaterial SnO 2 akan dikarakterikasi dengan Spektrofotometer UV-DRS, Xray Diffraction (XRD), dan Scanning Electron Microscopy (SEM). Hasil karakterisasi nanomaterial SnO 2 dengan penambahan zat aditif Diethanolamine sebanyak 1.5 mL telah didapatkan nilai celah pita sebesar 3.60 eV. Hasil XRD menunjukkan bahwa fasa Kristal nanomaterial SnO 2 memiliki struktur rutil tetragonal dengan rata-rata ukuran kristalit 45.64 nm. Hasil SEM menunjukkan bahwa bentuk morfologi nanomaterial SnO 2 berbentuk spherical dengan rata-rata ukuran partikel sebesar 29.89 nm. Uji aktivitas fotokatalis SnO 2 dengan Methyl Orange (MO) menunjukkan nilai persen degradasi optimum sebesar 87.89% selama 90 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorBeri, DeskiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:18
Last Modified: 30 Apr 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51653

Actions (login required)

View Item View Item