Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak – kanak Baiturrahman Canduang Agam

Defiana, Resti (2024) Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak – kanak Baiturrahman Canduang Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_RESTI_DEFIANA_17022105_1337.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru dalam mengembangkan motorik halus membuat sebuah rancangan atau rencana yang disusun sebagai bentuk pengembangan motorik halus anak yang di dalam rancangan rencana tersebut terdapat susunan perencanaan, pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan,bentuk kegiatan serta media yang digunakan. Guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun menggunakan media semenarik mungkin dan kegiatan yang bervariasi. Hal ini bertujuan supaya anak tidak bosan. Tujuan dari penelitian ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan pengembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – kanak Baiturrahman Canduang Agam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pengembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – kanak Baiturrahman Canduang Agam. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 24 Oktober – 10 Desember 2022. Hasil dari penelitian ini bukan berupa angka melainkan dipaparkan dengan kalimat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu format observasi, format wawancara, format catatan lapangan, dan format catatan lapangan. Sumber data atau sampel dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data peneliti lakukan dengan cara triangulasi. Hasil dari penelitian secara umum tentang pelaksanaan pengembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – kanak Baiturrahman Canduang Agam bahwa guru telah membuat atau mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Guru dalam melakukan kegiatan juga sudah sesuai dengan yang direncanakan. Kegiatan yang dirancang oleh guru dan dilakukan oleh anak seperti menulis, mewarnai, menggunting, menempel,melipat, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, SerliUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Motorik Halus Anak usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:20
Last Modified: 30 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51638

Actions (login required)

View Item View Item