Pengaruh Metode Proyek Membuat Cincau Hijau Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang

Lara, Purnama Ayu (2024) Pengaruh Metode Proyek Membuat Cincau Hijau Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_PURNAMA_AYU_LARA_19022185_2701.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan proses sains anak yang belum berkembang dengan baik karena proses pembelajaran sains yang belum optimal diterapkan dan guru hanya terfokus memakai metode tanya jawab dan penugasan. Salah satu cara mengembangkan keterampilan proses anak adalah dengan pembelajaran metode proyek. Dengan metode proyek anak belajar langsung melalui pengalaman nyata. Salah satu metode proyek yang dapat diterapkan pada anak usia dini adalah membuat proyek cincau hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek membuat cincau hijau terhadap keterampilan proses sains di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quashi experimental (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B1 dan Kelas B2 yang masing-masing kelas berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Alat pengumpul data adalah lembar pernyataan dengan bantuan komputerisasi SPSS 26. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode proyek membuat cincau hijau diperoleh nilai rata-rata 18,50 sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode eksperimen membuat minuman dari daun sirsak diperoleh nilai rata-rata sebesar 16,88. Kemudian berdasarkan hasil uji-t diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,003 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa bernilai signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode proyek membuat cincau hijau memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulmiati, ZulmiatiUNSPECIFIED
CorrectorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Proses Sains Anak Anak Taman Kanak-kanak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:19
Last Modified: 30 Apr 2024 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51633

Actions (login required)

View Item View Item