Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perilaku Kerjasama Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Padang

Afrisna, Amelia (2024) Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perilaku Kerjasama Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AMELIA_AFRISNA_19022065_2028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku kerjasama anak perlu stimulasi sejak dini agar anak terlatih untuk besosialisasi dengan lingkungannya. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku anak belum berkembang dengan baik, karena yang diberikan guru masih berbentuk kegiatan kemandirian atau individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Proyek Terhadap Perilaku Kerjasama Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Padang. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Padang, populasi penelitian ini seluruh anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Padang, sedangkan sampelnya adalah kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing anak 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yang terdiri dari 6 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata pre- test 15,29 dan post-test 19,88. Sementara pada kelas kontrol Hasil penelitian menunjukkan bahwa data untuk kelas eksperimen dengan metode proyek dan kelas kontrol kerjasama dengan media balok berdistribusi normal dan homogeny. Dengan hasil perkembangan perilaku kerjasama anak pada kelas kontrrol dan eksperimen pada tahap post test diperoleh rata-rata kelas eksperimen 19,88 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata post test 18,29. Kemudian nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,001<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode proyek terhadap perilaku kerjasama anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Padang,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek Perilaku Kerjasama Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:22
Last Modified: 30 Apr 2024 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51627

Actions (login required)

View Item View Item