Hubungan Academic Hardiness dengan Stres Akademik pada Siswa

Suci, Rahma Dina (2024) Hubungan Academic Hardiness dengan Stres Akademik pada Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RAHMA_DINA_SUCI_19006035_391.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Academic hardiness merupakan konsep psikologis yang mempengaruhi cara siswa mengatasi tekanan akademik. Academic hardiness mencakup komponen-komponen seperti komitmen, kontrol dan tantangan, diharapkan dapat berperan dalam mengurangi tingkat stres akademik pada siswa. Akibat dari rendahnya academic hardiness dapat menyebabkan siswa mengalami stres akademik academic hardiness merujuk pada kemampuan siswa untuk mengatasi tantangan akademik dengan ketahanan mental dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan academic hardiness pada siswa (2) mendaekripsikan stres akademik pada siswa, (3) dan mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara academic hardiness dengan stres akademik pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional dengan sampel sebanyak 256 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket academic hardiness sebanyak 22 item yang sudah di uji validitasnya serta di uji reliabilitasnya yaitu sebesar 0,734 dan angket stres akademik sebanyak 25 item. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 25.0 for windows Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kebanyakan siswa memiliki academic hardiness yang tinggi. Rata-rata skor capaian academic hardiness siswa adalah 78,83 atau 71,66%, (2) kebanyakan siswa memiliki stres akademik yang sedang. Rata-rata skor capaian stres akademik siswa adalah 72,47 atau 57,98%, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Academic hardiness (X) dengan Stres Akademik pada Siswa (Y) dengan koefisien korelasi sebesar -0,528 dengan nilai signifikansi sebesar <0,000. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan yang dapat digunakan untuk mengurangi stres akademik pada siswa, konseling individual, layanan penguasaan konten, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok, dan layanan informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIfdil, IfdilUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Puji GusriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Academic Hardiness Stres Akademik Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:26
Last Modified: 29 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51609

Actions (login required)

View Item View Item