Hubungan Self-Construal dengan Subjective Well-Being pada Siswa Prasejahtera di SMAN 8 Padang

Aini, Hayatul (2024) Hubungan Self-Construal dengan Subjective Well-Being pada Siswa Prasejahtera di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_HAYATUL_AINI_19006177_841.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi oleh siswa prasejahtera di sekolah seperti siswa yang mengalami minder disekolah, kurangnya percaya diri dan merasa berbeda dengan orang lain, tidak tercapainya subjective well-being membuat siswa prasejahtera tersebut minder dan tidak berani untuk berbaur dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan self-construal dan subjective well-being serta hubungan antara self-construal dengan subjective well-being pada siswa prasejahtera. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskrptif korelasional. Populasi penelitian ini siswa penerima bantuan PIP/KIP di kelas XII SMAN 8 Padang pada semester Juli-Desember tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket self-construal dan subjective well-being. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi dengan bantuan program SPSS versi 25. Penelitian ini didapatkan hasil yang memperlihatkan: 1) Self-costrual siswa prasejahtera di SMAN 8 Padang berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 125,88 dan persentase sebesar 71,93%. 2) subjective well-being siswa prasejahtera dengan kategori tinggi dengan skor rata-rata 104,93 dan persentase sebesar 69,95%. 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-construal dengan subjective well-being dengan nilai koefisien korelasi 0,531 dan signifikansi 0,000. Implikasi dari hasil penelitian ini sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru bimbingan dan konseling dalam pelayanan BK khususnya untuk melihat self-construal dan subjective well-being pada siswa prasejahtera

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorYendi, Frisca MeivilonaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self-Construal Subjective Well-Being Siswa Prasejahtera
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:25
Last Modified: 29 Apr 2024 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51599

Actions (login required)

View Item View Item