Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau

Ningsih, Siti Rahayu (2024) Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SHERLY_NOVITA_WARDANA_19045042_138_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran geografi cenderung membosankan bagi siswa karena masih dilakukan secara konvensional di SMA Negeri 2 Tembilahan, sedangkan dua pertiganya di bawah KKM (65), diantaranya XI IPS1 memiliki rata-rata sebesar 62, XI IPS2 sebesar 63, dan XI IPS3 sebesar 74. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh blended learning pada prestasi akademik siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Tembilahan. Metode yang dipakai adalah kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes ( tes objektif ) dan dokumentasi, sementara teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Dengan populasi sebanyak 60 orang yang terdiri dari tiga kelas dengan sampel 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas kontrol. Hasil penelitian membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,74 > 0,05 (artinya terdistribusi normal), nilai signifikansi/nilai probabilitas > 0,05 (artinya varian hasil pre-test dan post-test adalah sama), hasil T-test > T-table, 9.602 > 1.711 (artinya hipotesis penelitian ini diterima), Sig 2 tailed bernilai 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa pembelajaran blended learning signifikan pada hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tembilahan. Hasil belajar siswa menggunakan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan pembelajaran blended learning. Dengan pembelajaran blended learning, siswa lebih aktif, leluasa, enjoy dalam belajar, dan membangkitkan semangat siswa lebih giat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING, 23HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:24
Last Modified: 29 Apr 2024 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51595

Actions (login required)

View Item View Item