Pembuatan Booklet Flora dan Fauna Khas Indonesia sebagai Media Informasi untuk Siswa SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat

Ayu, Putri (2023) Pembuatan Booklet Flora dan Fauna Khas Indonesia sebagai Media Informasi untuk Siswa SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_PUTRI_AYU_20026082_4505_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pembuatan makalah tugas akhir ini adalah (1) untuk mendiskripsikan proses pembuatan booklet flora dan fauna khas Indonesia sebagai media informasi untuk siswa SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat; (2) untuk mendiskripsikan hasil uji coba produk booklet flora dan fauna khas Indonesia sebagai media informasi untuk siswa SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Jenis penulisan makalah tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan melakukan observasi dan wawancara ke SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, serta studi kepustakaan yang berkaitan dengan pembuatan booklet sebagai media informasi. Hasil yang diperoleh saat melakukan observasi dan wawancara, yaitu guru belum optimal menerapkan pelajaran yang kreatif dan inovatif terutama pada materi flora dan fauna khas Indonesia. Berdasarkan dari pembahasan makalah, dapat disimpulkan. Pertama, pembuatan booklet flora dan fauna khas Indonesia sebagai media informasi untuk siswa SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat dilakukan melalui enam tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, merupakan langkah awal dari proses pembuatan booklet, yaitu menentukan kebutuhan informasi bagi pengguna. Informasi yang dibutuhkan adalah booklet tentang keragaman flora dan fauna khas Indonesia; (2) pemilihan judul, dilakukan berdasarkan tema yang telah di tentukan. Booklet ini berjudul “ Mari Mengenal Keragaman Flora dan Fauna Khas Indonesia”; (3) pembuatan format booklet, struktur booklet keragaman flora dan fauna khas Indonesia terdiri dari, cover, kata pengantar, petunjuk penggunaan, daftar isi, pembahasam materi, latihan soal, dan daftar pustaka; (4) pengumpulan informasi, mengumpulkan informasi yang relevan sehingga layak digunakan bagi pengguna informasi seperti pengertian flora dan fauna,persebaran flora dan fauna beserta ciri-ciri contoh dan flora dan fauna khas Indonesia; (5) proses desain, merupakan kegiatan menentukan dan merancang desain booklet. booklet dibuat dengan ukuran kertas A5 yaitu 14,8 x 21 cm; (6) pencetakan booklet, merupakan tahap akhir dari proses pembuatan booklet. Booklet dicetak menggunakan kertas art paper ukuran A5 dengan ketebalan untuk bagian cover 260 gr dan bagian isi dengan ketebalan 190 gr, sehingga booklet siap untuk dimanfaatkan dan dipublikasikan. Kedua, uji coba produk booklet flora dan fauna khas Indonesia yang telah dilakukan kepada 10 orang responden yang terdiri dari 7 orang siswa kelas empat dan 3 orang guru, memperoleh hasil 99% memilih “Ya“ dan 1% memilih “Tidak”. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet ini “sangat baik” digunakan sebagai media informasi oleh siswa kelas empat SD Negeri 19 Tanjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:26
Last Modified: 29 Apr 2024 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51594

Actions (login required)

View Item View Item