Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI SMA Negeri 9 Padang

Wardana, Sherly Novita (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SHERLY_NOVITA_WARDANA_19045042_138_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan aplikasi kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi potensi sumber daya alam Indonesia kelas XI SMA 9 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancagan penelitian True Experiment Design dengan desain penelitian berupa The Randomized Pretest-Posttest Control Grub Design. Dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Fase Moving Geografi R.3 sesi 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Fase Moving Geografi R.3 sesi 2 sebagai kelas kontrol. Dengan jumlah sampel 72 siswa yang mana pada masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrument penelitian berupa tes 30 soal pilihan ganda yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning adalah pretest sebesar 41,17 dan posttest sebesar 83,03 sedangkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 44,88 dan post-test sebesar 71,36, dilihat dari hasil uji N Gain dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol diperoleh n-gain 0,48 dengan kategori sedang dan hasil pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh n-gain 0,71 dengan kategori tinggi. Untuk hasil uji hipotesis (t-test) yang diperoleh thitung >ttabel yaitu 4,65 > 1,99 dan α = 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti terdapat penerapan yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa geografi kelas XI Negeri 9 Padang tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorSyafri, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:07
Last Modified: 29 Apr 2024 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51593

Actions (login required)

View Item View Item