Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Widyawati, Dewi (2024) Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_DEWI_WIDYAWATI_17059047_2431_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada 29 perusahan sub sektor transportasi di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dari tahun 2016 sampai dengan 2020. Data diperoleh dari annual report yang dipublikasikan melalui website IDX atau pun website masing masing perusahaan sub sektor transportasi. Metode analisis yang digunakan analisis jalur, dimana pengujian pengaruh langsung dilakukan melalui uji t-statistik, sedangkan pengujian pengaruh tidak langsung dilakukan dengan menggunakan Sobel test. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua model persamaan. Pada persamaan pertama ditemukan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan sub sektor transportasi di Bursa Efek Indonesia. Pada model persamaan kedua ditemukan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, namun ukuran perusahan dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada tahapan pengujian pengaruh tidak langsung yang dilakukan dengan Sobel test ditemukan struktur modal mampu memediasi hubungan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan. Selain itu dari hasil pengujian pengaruh tidak langsung kedua juga ditemukan struktur modal mampu memediasi hubungan antara ukuran perusahaan dengan struktur modal perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLasmini, Rizki SriUNSPECIFIED
CorrectorZulvia, YolandafitriUNSPECIFIED
CorrectorMasdupi, ErniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL NILAI PERUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:03
Last Modified: 29 Apr 2024 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51571

Actions (login required)

View Item View Item