Meningkatkan Penguasaan Kosakata Kerja Menggunakan Media Video Interaktif Berbasis Komunikasi Total Pada Anak Dengan Hambatan Pendengaran

Suhella, Lucy Anggreyeni (2024) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Kerja Menggunakan Media Video Interaktif Berbasis Komunikasi Total Pada Anak Dengan Hambatan Pendengaran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_LUCY_ANGGREYENI_SUHELLA_19003072_1651.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemui pada seorang anak dengan hambatan pendengaran kelas II di SLB Hikmah Reformasi Padang yang mengalami permasalahan pemahaman bahasa yaitu pada penguasaan kosakata kerja yang masih sangat minim. Oleh sebab itu anak perlu dibantu dalam proses pembelajarannya menggunakan media. Media video interaktif berbasis komunikasi total adalah media pembelajaran audio visual yang menghasilkan suara dan gambar yang dapat memanfaatkan seluruh indera, dalam komunikasi total ini terdapat komponen verbal seperti ujaran, tulisan dan ejaan jari, dan non verbal seperti isyarat dan mimik, sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan media video interaktif berbasis komunikasi total dapat meningkatkan penguasaan kosakata kerja pada anak dengan hambatan pendengaran kelas II di SLB Hikmah Reformasi Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A dimana pada fase baseline (A1) pengamatan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, pada fase intervensi (B) pengamatan dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan dan pada fase baseline (A2) pengamatan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Dari hasil 15 data pengamatan, dilakukan analisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: 0%, 0%, 0%, dan 0% pada fase baseline (A1). Pada fase intervensi (B) diperoleh hasil 20%, 40%, 65%, 75%, 90%, 90%, dan 90%. Dan pada fase baseline kedua (A2) diperoleh hasil 90%, 90%, 90%, dan 90%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penguasaan kosakata kerja anak dengan hambatan pendengaran mengalami peningkatan setelah diberikan intervensi berupa media video interaktif berbasis komunikasi total.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Video Interaktif Video Interaktif Berbasis Komunikasi Anak Dengan Hambatan Pendengaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:58
Last Modified: 29 Apr 2024 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51564

Actions (login required)

View Item View Item