Kontribusi Persepsi Kesehatan Reproduksi dan Penguasaan Materi Sistem Reproduksi Terhadap Literasi Stunting Siswa SMAN 1 Tilatang Kamang

Myraldi, Indra (2023) Kontribusi Persepsi Kesehatan Reproduksi dan Penguasaan Materi Sistem Reproduksi Terhadap Literasi Stunting Siswa SMAN 1 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Indra_Myraldi_19031084_438_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi relatif masih rendah. Hanya 17,1% perempuan dan 10,4% laki-laki mengetahui secara benar tentang masa subur dan resiko kehamilan. Kurangnya pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi penting untuk disosialisasikan untuk masa depan yang keluarga yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi persepsi kesehatan reproduksi dan penguasaan materi sistem reproduksi terhadap literasi stunting siswa laki-laki fase F Biologi di SMA 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Fase F yang mengambil mata pelajaran biologi di SMA 1 Tilatang Kamang. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu semua siswa fase F yang mengambil mata pelajaran biologi. Instrumen penelitian terdiri atas tiga macam istrumen yaitu, instrumen penguasaan materi, literasi kesehatan reproduksi dan literasi stunting. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan jumlah siswa yang mencapai kategori sangat baik pada persepsi kesehatan reproduksi adalah 76,47% dan pada penguasaan materi sistem reproduksi 82,35%. Pada literasi stunting siswa yang mencapai kategori baik sebanyak 73,53%. Berdasarkan hasil analisis regresi, diketahui bahwa persepsi kesehatan reproduksi berkontribusi terhadap literasi stunting sebesar 21,4%. Pemahaman materi sistem reproduksi juga berkontribusi terhadap literasi stunting sebesar 22,9%. Namun, persepsi kesehatan reproduksi dan penguasaan materi sistem reproduksi secara bersama-sama memiliki kontribusi yang lebih besar terhadap literasi stunting, yaitu sebesar 32,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi persepsi kesehatan reproduksi dan penguasaan materi sistem reproduksi terhadap literasi stunting siswa SMAN 1 Tilatang Kamang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:57
Last Modified: 29 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51560

Actions (login required)

View Item View Item