Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Mahendra, Putra Isra (2024) Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_PUTRA_ISRA_MAHENDRA_18329127_288_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di sekolah. Dalam proses belajar disiplin menjadi alat yang bersifat preventif untuk mencegah atau menjaga hal-hal yang dapat mengahambat selama proses belajar. Untuk hal ini teknik reward (ganjaran) dan punishment (hukuman) dinilai tepat untuk mengatasi kurangnya kedisiplinan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis sebanyak 587 siswa. Teknik Sampel penelitian ini yaitu random sampling sebanyak 71 siswa dengan rincian 23 siswa (kelas X E6), 24 siswa (kelas XI F2) dan 24 siswa (kelas XII S2) SMAN 1 Ulakan Tapakis. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis data deskriptif serta uji hipotesis, dengan reward (X1) dan punishment (X2) sebagai variabel bebas dan kedisiplinan siswa (Y) sebagai variabel terikat menggunakan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui angket 1) Tingkat pemberian reward berada pada rata-rata (Mean) 46,62 sebanyak 66% siswa berada pada kategori sedang. 2) Untuk tingkat pemberian punishment dibuktikan dengan rata-rata 73,31 sebanyak 63% siswa berada pada kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh antara reward dan punishment terhadap kedisiplinan siswa yang dibuktikan dengan uji R square sebesar 0.485 (48,5%) yang menunjukan adanya pengaruh antara variabel independent dan variabel dependen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: REWARD, PUNISHMENT, KEDISIPLINAN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:09
Last Modified: 29 Apr 2024 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51545

Actions (login required)

View Item View Item