Standard Operating Procedure (SOP) Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Anggrini, Nia (2023) Standard Operating Procedure (SOP) Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NIA_ANGGRINI_19026075_7296_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang merupakan sebuah instansi pemerintah yang memberikan layanan perpustakaan keliling bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Namun, dalam pelaksanaan layanan keliling belum ada pedoman atau standar operasional prosedur terkait layanan perpustakaan keliling, sehingga tidak terlaksana secara optimal terhadap beberapa layanan perpustakaan keliling terhadap beberapa program layanan perpustakaan keliling seperti layanan peminjaman bahan pustaka, layanan membaca ditempat dan read alound serta story telling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Tujuan dari pembuatan makalah tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) dan untuk mengetahui hasil uji coba produk Standard Operating Procedure (SOP). Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan makalah tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang terjadi di lapangan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama Kasi Layanan selaku pengelola layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, dan tinjauan literatur yang diperoleh dari penelusuran bahan pustaka. Berdasarkan proses pembuatan produk Standard Operating Procedure (SOP), terdapat tahapan yaitu yang dilakukan penulis adalah proses pembuatan pembuatan SOP yang meliputi: (1) pembentukan tim yang akan menangani pembuatan SOP; (2) tim yang terbentuk mempelajari terkait SOP dari berbagai referensi; (3) pengamatan proses kerja (layanan perpustakaan) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang; (4) pembuatan header SOP dan alur kerja; (5) pengemasan produk dan (6) evaluasi dan persetujuan SOP. Hasil dari uji coba produk yang dilakukan penulis memperoleh persentase skor 89,3% dengan kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan produk SOP layanan perpustakaan keliling layak untuk di implementasikan pada instansi pemerintah sesuai revisi dari saran yang diberikan oleh para responden. Produk SOP ini diharapkan dapat membantu para staf perpustakaan dalam melakukan layanan perpustakaan serta diharapkan kedepannya ada penelitian yang mengembangkan topik untuk kemajuan layanan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:56
Last Modified: 26 Apr 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51530

Actions (login required)

View Item View Item