Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata melalui Metode Look and Say bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme

Anggun, Anggun (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata melalui Metode Look and Say bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ANGGUN_19003004_1308.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak Gangguan Spektrum Autisme kelas IX di SLB Negeri 1 Padang yang mengalami permasalahan pada kemampuan membaca dengan melakukan beberapa kesalahan- kesalahan dalam membaca kata berimbuhan awalan (prefiks). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah metode Look and Say dapat meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak Gangguan Spektrum Autisme. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain berbentuik A-B. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Gangguan Spektrum Autisme kelas IX di SLB Negeri 1 Padang. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan membaca kata. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik. Hasil analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 10 kali pengamatan yang diperoleh pada kondisi baseline (A) 30%, 30%, 30% dan 30%. Pengamatan pada kondisi intervensi (B) yaitu 60%, 65%, 75%, 95%, 95% dan 95%. Pada kondisi baseline (A) kecenderungan stabilitas pada rentang stabilitas 4,5, mean level 30, batas atas 32,5, batas bawah 27,25, presentase stabilitas 100%. Pada kondisi intervensi (B) rentang stabilitas 14,25, mean level 80,83, batas atas 87,955, batas bawah 73,705 dan presentase stabilitas 16,666%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Look and Say dapat meningkatkan kemampuan membaca Kata peserta didik Gangguan Spektrum Autisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorEfrina, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Kata Metode Look and Say Spektrum Autisme
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:55
Last Modified: 26 Apr 2024 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51529

Actions (login required)

View Item View Item