Pengembangan Perangkat Pembelajaran Senam Berbasis Digi-va dengan Penerapan Project Based Learning di Perguruan Tinggi

Zulbahri, Zulbahri (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Senam Berbasis Digi-va dengan Penerapan Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ZULBAHRI_18169044_1101_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil riset awal menunjukkan bahwa pembelajaran senam secara konvensional dan media daring berupa e-learning di Departemen Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan belum mampu menghasilkan keterampilan senam mahasiswa secara maksimal. Oleh karena itu perlunya didesain perangkat pembelajaran senam berbasis digital dengan tujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan e-RPS dan e-Modul berbasis digital yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Secara operasional, perangkat e-RPS dan e-Modul terwujud dalam bentuk link pembelajaran dan juga berbentuk pdf dan video. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Proses pengembangan perangkat ini mengacu pada pengembangan model Ploom dan Nieveen yang terdiri dari; Pertama, preliminary research yaitu analisis kebutuhan dan konteks, kajian literatur dan pengembangan kerangka teoritis untuk intervensi. Kedua, prototyping phase yaitu proses perancangan secara siklikal dan berurutan dengan memakai evaluasi formatif dalam memperbaiki intervensi. Ketiga, assessment phase yaitu fase evaluasi sumatif untuk menyimpulkan apakah pemecahan masalah yang diberikan sudah sesuai dengan diharapkan. Uji coba lapangan dilaksanakan pada Semester Januari-Juni 2022 di Departemen Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama. Analisis pendahuluan pada tahapan premilinary research dalam pengembangan perangkat pembelajaran senam berbasis Digital dengan Penerapan Project Based Learning diperoleh hasil pada (a) analisis pelaksanaan pembelajaran senam yang dilaksanakan di kelas masih tergolong tidak praktis, (b) Analisis keterampilan senam pada setiap fase gerakannya berada pada persentase yang belum memuaskan, (c) analisis sikap mahasiswa terhadap pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis teknologi berada pada tahapan kurang, (d) analisis kurikulum khususnya pada susunan materi sebelum perubahan diketahui bahwa minimnya aspek teknologi atau digital dalam perkuliahan senam, (e) dengan adanya analisis materi peneliti dapat mengidentifikasi materi-materi utama yang akan diajarkan dan menyusunnya secara sistematis serta mencari relevansi konsep yang dipelajari dengan kebutuhan pada saat perkuliahan. (f) Literatute Review. Pada tahapan ini diperoleh teori dan konsep yang terbaik serta dianalisis sehingga menjadi landasan pengembangan perangkat pembelajaran senam berbasis digital untuk meningkatkan keterampilan rolling belakang pada pembelajaran senam. Kedua. Pengembangan produk pada tahapan prototyping phase dalam pengembangan perangkat pembelajaran senam berbasis Digital dengan penerapan project based learning memenuhi kriteria valid. Tingkat validitas xv pembelajaran senam berbasis digital ditinjau dari aspek didaktik, kontruksi, isi, kegrafikan dan bahasa pada E-Modul dan sedangkan pada E-RPS yaitu tujuan, efektifitas dan materi pembelajaran. Ketiga. Pengembangan produk pada tahapan assesment phase dalam pengembangan perangkat pembelajaran senam berbasis Digital dengan penerapan project based learning mempunyai tingkat efektivitas yang cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlnedral, AlnedralUNSPECIFIED
Thesis advisorKiram, YanuarUNSPECIFIED
CorrectorFirdaus, KamalUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:14
Last Modified: 26 Apr 2024 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51522

Actions (login required)

View Item View Item