Pengembangan Model Pembelajaran Mental Training Dan Strategi Rangkaian Bermain Untuk Materi Bolavoli Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa Sekolah Dasar

Astuti, Yuni (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Mental Training Dan Strategi Rangkaian Bermain Untuk Materi Bolavoli Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_YUNI_ASTUTI_18169028_1100_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa belum tersedianya model pembelajaran mental training dan strategi rangkaian bermain di Sekolah Dasar untuk materi bolavoli. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah model khusus pembelajaran mental training dan strategi rangkaian bermain pada materi bolavoli siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan guna menghasilkan suatu model yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif bagi siswa sekolah dasar. Untuk menghasilkan model pembelajaran mental training dan strategi rangkaian bermain digunakan design research and development yaitu model borg & gall yang dimodifikasi kedalam empat tahap yakni sebagai berikut: 1) identifikasi masalah dan analisis kebutuhan, 2) perencanaan, pengembangan, penilaian ahli, 3) uji lapangan terbatas dan revisi model awal, 4) uji lapangan lebih luas, revisi model akhir dan diseminasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Pembangunan Universitas Negeri Padang yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan uji statistik. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah model pembelajaran mental training dan strategi rangkaian bermain yang memenuhi kriteria valid untuk digunakan pada materi bolavoli di Sekolah Dasar. Model yang dirancang ini juga memenuhi kategori praktis dengan kriteria mudah digunakan, menarik bagi anak, aktivitas pembelajaran yang diberikan membantu guru untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar permainan bolavoli siswa Sekolah Dasar. Model pembelajaran mental training dan strategi rangkaian bermain memenuhi kriteria efektif dengan karakteristik berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar dan teknik dasar permainan bolavoli siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji-t terbukti bahwa kemampuan gerak dasar bolavoli sesudah menggunakan model mental training dan rangkaian bermain lebih baik dari pada sebelum menggunakan model mental training dan rangkaian bermain pada siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahruddin, SyahruddinUNSPECIFIED
Thesis advisorBakhtiar, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:14
Last Modified: 26 Apr 2024 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51521

Actions (login required)

View Item View Item