Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah (KBM) dalam Pembelajaran Sejarah di SMA melalui Film Dokementer Terseleksi untuk Mendukung Integrasi Bangsa

Aisyah, Siti (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah (KBM) dalam Pembelajaran Sejarah di SMA melalui Film Dokementer Terseleksi untuk Mendukung Integrasi Bangsa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_SITI_AISYAH_17169065_4_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam pembelajaran sejarah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model Kontekstual Berbasis Masalah dalam pembelajaran sejarah untuk mendukung integrasi bangsa. Pengembangan model pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan model ADDIE ( analyze, design, develope, implementation dan evaluate). Untuk Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada siswa kelas XII SMA Kota Padangsidimpuan yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data kualitatif didapatkan melalui observasi, tanggapan beserta saran perbaikan yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran ditentukan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran, respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas model pembelajaran ditentukan dari aktivitas siswa dan aspek pengetahuan. Data keterlaksanaan pembelajaran dan efektifitas produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control –group pretes-posttes design. Uji coba terbatas dilakukan di SMA 2 Padangsidimpuan. Uji coba diperluas dilakukan di SMA 3 dan SMA 4 Padangsidimpuan. Data aspek pengetahuan dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menjelaskanbahwa model kontekstual berbasis masalah yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas dalam pembelajaran sejarah yang disingkat dengan model KBM menunjukkan bahwa model KBM dalam pembelajaran sejarah dinyatakan valid dan uji praktikalitas model pembelajaran memenuhi kriteria praktis dan sangat mudah dilaksanakan, model KBM efektif digunakan karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
Thesis advisorFatimah, SitiUNSPECIFIED
CorrectorMukhaiyar, MukhaiyarUNSPECIFIED
CorrectorMontessori, MariaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:13
Last Modified: 26 Apr 2024 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51520

Actions (login required)

View Item View Item