Novalinda, Rina
(2023)
Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Case Study pada Mata Kuliah Klinik Refraksi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan selama mengabdi di Akademi
Refraksi Optisi YLPTK bahwa ada suatu permasalahan yang terkait dengan pembelajaran
mata kuliah klinik refraksi. Terungkap bahwa rendahnya keterampilan berpikir kritis dan
kreativitas serta hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah klinik refraksi disebabkan oleh;
1) Mata kuliah klinik refraksi kurang dipahami mahasiswa, 2) Suasana proses pembelajaran
yang membosankan terlihat masih rendahnya hasil kognitif mahasiswa, 3) Selama proses
perkuliahan, beberapa mahasiswa tidak memperhatikan materi yang diberikan oleh dosen,
4) Mahasiswa mengalami kesulitan untuk menganalisis pertanyaan berbasis Higer Order
Thinking Skills (HOTS), 5) Saat berdiskusi mahasiswa terlihat pasif dimana mahasiswa
masih kesulitan dalam mengemukakan pendapat ketika berdiskusi, 6) Pembelajaran
berpusat kepada dosen sehingga kurang menyenangkan. Dari fenomena ini pentingnya
melakukan pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode
Case Study di implementasikan dan dilaksanakan dalam pembelajaran klinik refraksi pada
pendidikan vokasi.
Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan
metode ADDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa Akademi Refraksi Optisi YLPTK
Padang. Prosedur penelitian sesuai langkah-langkah metode ADDIE. Instrumen
pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan lembar tes.
Teknik analisis data dengan metode kuantitaf dan kualitatif.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan solusi terhadap lemahnya kreativitas
dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan cara mengembangkan model
pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Case Study (PBLmCS). PBLmCS
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas mahasiswa yang
valid, praktis dan efektif terutama dalam pembelajaran abad 21 di era revolusi industri 4.0,
sehingga dapat mencapai learning outcome yang berkompeten baik secara kognitif, afektif
dan psikomotor didalam muatan materi pelajaran. Model PBLmCS ini sangat bermanfaat
bagi mahasiswa untuk memahami dan menyelesaikan kasus-kasus pada mata kuliah klinik
refraksi, dan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik sesuai minat mahasiswa,
sehingga mahasiswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Model
PBLmCS ialah model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student center
learning), yang mulai dipraktikkan untuk mengatasi keterbatasan pengajaran yang berpusat
pada dosen. Konsep pengembangan model problem based learning dengan metode case
study tersebut, didasarkan pada pembelajaran Abad XXI yang terjadi di Pendidikan Vokasi
yang memuat berbagai keterampilan seperti berfikir kritis, mampu memecahkan masalah,
kreatif, inovasi dan lainnya
Actions (login required)
|
View Item |