Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Case Study pada Mata Kuliah Klinik Refraksi

Novalinda, Rina (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Case Study pada Mata Kuliah Klinik Refraksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_RINA_NOVALINDA_19193037_2194_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan selama mengabdi di Akademi Refraksi Optisi YLPTK bahwa ada suatu permasalahan yang terkait dengan pembelajaran mata kuliah klinik refraksi. Terungkap bahwa rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kreativitas serta hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah klinik refraksi disebabkan oleh; 1) Mata kuliah klinik refraksi kurang dipahami mahasiswa, 2) Suasana proses pembelajaran yang membosankan terlihat masih rendahnya hasil kognitif mahasiswa, 3) Selama proses perkuliahan, beberapa mahasiswa tidak memperhatikan materi yang diberikan oleh dosen, 4) Mahasiswa mengalami kesulitan untuk menganalisis pertanyaan berbasis Higer Order Thinking Skills (HOTS), 5) Saat berdiskusi mahasiswa terlihat pasif dimana mahasiswa masih kesulitan dalam mengemukakan pendapat ketika berdiskusi, 6) Pembelajaran berpusat kepada dosen sehingga kurang menyenangkan. Dari fenomena ini pentingnya melakukan pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Case Study di implementasikan dan dilaksanakan dalam pembelajaran klinik refraksi pada pendidikan vokasi. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa Akademi Refraksi Optisi YLPTK Padang. Prosedur penelitian sesuai langkah-langkah metode ADDIE. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan lembar tes. Teknik analisis data dengan metode kuantitaf dan kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan solusi terhadap lemahnya kreativitas dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan cara mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Case Study (PBLmCS). PBLmCS bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas mahasiswa yang valid, praktis dan efektif terutama dalam pembelajaran abad 21 di era revolusi industri 4.0, sehingga dapat mencapai learning outcome yang berkompeten baik secara kognitif, afektif dan psikomotor didalam muatan materi pelajaran. Model PBLmCS ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memahami dan menyelesaikan kasus-kasus pada mata kuliah klinik refraksi, dan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik sesuai minat mahasiswa, sehingga mahasiswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Model PBLmCS ialah model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student center learning), yang mulai dipraktikkan untuk mengatasi keterbatasan pengajaran yang berpusat pada dosen. Konsep pengembangan model problem based learning dengan metode case study tersebut, didasarkan pada pembelajaran Abad XXI yang terjadi di Pendidikan Vokasi yang memuat berbagai keterampilan seperti berfikir kritis, mampu memecahkan masalah, kreatif, inovasi dan lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGiatman, GiatmanUNSPECIFIED
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:13
Last Modified: 26 Apr 2024 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51519

Actions (login required)

View Item View Item