Model Pembelajaran Scientific Inquiry untuk Materi Analisis Wacana Kritis

Yuliandri, Miki (2023) Model Pembelajaran Scientific Inquiry untuk Materi Analisis Wacana Kritis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_MIKI_YULIANDRI_16169023_7834_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada penelitian sebelumnya, peneliti menemukan beberapa kendala/masalah dalam pembelajaran analisis teks/wacana. Masalah yang ditemukan antara lain: (1) metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif dalam pembelajaran analisis teks/wacana, (2) bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran analisis wacana kritis tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, dan (3) kurangnya buku penunjang yang tepat sebagai acuan mahasiswa dalam menganalisis wacana. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti memberikan sebuah solusi dalam pembelajaran analisis wacana kritis untuk menanggulangi masalah yang ada. Solusinya yaitu menghasilkan model pembelajaran scientific inquiry untuk materi analisis wacana kritis. Produk yang dihasilkan meliputi, buku model, buku dosen, dan buku mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research & development (R&D) dengan menggunakan model desain Plomp yang memiliki beberapa tahapan, yaitu, tahapan preliminary research, prototyping phase, dan asessesment phase. Subjek uji coba adalah mahasiswa S2 prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pretest postest design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket, kuesioner, lembar observasi, dan penilaian kemampuan berpikir kritis menggunakan rubrik. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta uji komparatif paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scientific inquiry untuk materi analisis wacana kritis sudah memenuhi kriteria valid dengan skor 4.00. Selain itu, model tergolong sangat praktis pada tahap one to one dengan skor 91%, tahap small group evaluation dengan skor 89%, tahap fields test 90%. Selanjutnya, menurut dosen model tergolong sangat praktis dengan skor 83%. Untuk hasil observasi keterlaksanaan model tergolong sangat praktis dengan penilaian tertinggi terdapat pada pertemuan kelima sebesar 88,57% sedangkan penilaian terendah terdapat pada pertemuan kedua sebesar 80,95%. Selanjutnya, model terbukti efektivitas karena nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran scientific inquiry untuk materi analisis wacana kritis dibandingkan dengan sebelum penerapan. Untuk hasil observasi aktivitas belajar mahasiswa meningkat dari pertemuan kedua sampai pertemuan kelima. Aktivitas berlajar mahasiswa terendah pada pertemuan kedua sebesar 54,75% dan aktivitas belajar mahasiswa tertinggi pada pertemuan kelima sebesar 70,62%. Oleh sebab itu, dapat dikatakan mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti perkuliahan perbandingan wacana dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry untuk materi analisis wacana kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
Thesis advisorThahar, Haris EffendiUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:23
Last Modified: 26 Apr 2024 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51512

Actions (login required)

View Item View Item