Makna Denotatif dan Konotatif Pulang kampung oleh Pemudik (Kajian Semiotika Roland Barthes terhadap TikTok Dwiki Afrilian

Puspitasari N, Nita (2024) Makna Denotatif dan Konotatif Pulang kampung oleh Pemudik (Kajian Semiotika Roland Barthes terhadap TikTok Dwiki Afrilian. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NITA_PUSPITASARI_N_18058152_2732_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan makna denotatif dan konotatif pulang kampung oleh pemudik. penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, analisis dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes. Data yang terkumpul berupa tanda yang mencakup narasi dan visual yang dianalisis dengan sistem denotasi dan konotasi menggunakan konsep semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pertama, makna denotasi yang terdapat dalam video TikTok “suasana subuh pas lagi mudik ke kampung” adalah penggambaran kondisi pagi hari saat di kampung dengan udara yang sejuk dan aktivitas-aktivitas kehidupan yang sederhana dan alami di pedesaan. Kedua, makna konotasi pulang kampung yang terdapat dalam video tersebut menunjukkan tentang rasa kebersamaan dan persaudaraan antara pemudik dan keluarga. Konotasi pulang kampung juga dapat mencerminkan tempat kembali yang memberikan rasa nyaman dan kehangatan bagi pemudik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
CorrectorFebrianto, AdriUNSPECIFIED
CorrectorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF, KAJIAN SEMIOTIKA, TIKTOK
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:43
Last Modified: 25 Apr 2024 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51506

Actions (login required)

View Item View Item