Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Academic Writing

Perpisa, Lili (2023) Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Academic Writing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_LILI_PERPISA_15169018_6125_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan model pembalajaran yang menggabungkan daring dan luring yang dikenal dengan blended learning untuk mata kuliah academic writing. Penelitian ini merupakan penelitian desain (design research) yang didasari oleh Plomp dan Nieeven (2013), untuk merancang dan mengembangkan suatu intervensi dengan tujuan untuk memecahkan masalah pendidikan yang kompleks dan mengembangkan pengetahuan tentang karakteristik dari intervensi tersebut. Tiga tahapan yang dilalui pada penelitian ini adalah studi pendahuluan, tahapan pengembangan dan tahapan penilaian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan hasil tulisan akademik mahasiswa. Data diolah secara kualitatif dan pendekatan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan tiga produk, yaitu buku model pembelajaran blended learning pada mata kuliah academic writing, aplikasi PAW untuk pembelajaran Daring dan buku ajar. Ketiga produk tersebut telah teruji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Hasil uji validitas oleh ahli diperoleh 3.53 dengan capaian 75,5% dan 3,99 dengan capaian 79,79% hasil dari uji one-to�one sehingga,interpretasi model pembelajaran blended learning pada mata kuliah academicwriting sudah dinyatakan valid. Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil rerata 4,1 dan tingkat capaian 83,6 dengan interpretasi model blended learning pada mata kuliah academic writing sudah dinyatakan praktis digunakan. Adapun hasil uji efektivitas diperoleh hasil rerata 4,05 tingkat capaian 80,56% dengan interpretasi model pembelajaran ini sudah dinyatakan sangat efektif digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut, maka karakteristik dari model pembelajaran blended learning pada mata kuliah academic writing yang valid, praktis dan efektif adalah model pembelajaran yang dilakukan secara daring sebanyak 11 kali dan luring 5 kali, menggunakan platform online ‘Perpisa Academic Writing, proses pembelajaran meliputi dari proses pra menulis sampai menulis kembali. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat valid dan mampu meningkatkan kemampuan menulis akademik mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorM Zaim, M ZaimUNSPECIFIED
Thesis advisorMukhaiyar, MukhaiyarUNSPECIFIED
CorrectorSyarif, HermawatiUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, MawardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:11
Last Modified: 25 Apr 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51501

Actions (login required)

View Item View Item