Perpisa, Lili
(2023)
Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah
Academic Writing.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan model pembalajaran yang
menggabungkan daring dan luring yang dikenal dengan blended learning untuk
mata kuliah academic writing. Penelitian ini merupakan penelitian desain (design
research) yang didasari oleh Plomp dan Nieeven (2013), untuk merancang dan
mengembangkan suatu intervensi dengan tujuan untuk memecahkan masalah
pendidikan yang kompleks dan mengembangkan pengetahuan tentang
karakteristik dari intervensi tersebut. Tiga tahapan yang dilalui pada penelitian ini
adalah studi pendahuluan, tahapan pengembangan dan tahapan penilaian. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan hasil tulisan
akademik mahasiswa. Data diolah secara kualitatif dan pendekatan statistik
deskriptif. Penelitian ini menghasilkan tiga produk, yaitu buku model
pembelajaran blended learning pada mata kuliah academic writing, aplikasi PAW
untuk pembelajaran Daring dan buku ajar. Ketiga produk tersebut telah teruji
validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Hasil uji validitas oleh ahli diperoleh
3.53 dengan capaian 75,5% dan 3,99 dengan capaian 79,79% hasil dari uji one-to�one sehingga,interpretasi model pembelajaran blended learning pada mata kuliah
academicwriting sudah dinyatakan valid. Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil
rerata 4,1 dan tingkat capaian 83,6 dengan interpretasi model blended learning
pada mata kuliah academic writing sudah dinyatakan praktis digunakan. Adapun
hasil uji efektivitas diperoleh hasil rerata 4,05 tingkat capaian 80,56% dengan
interpretasi model pembelajaran ini sudah dinyatakan sangat efektif digunakan.
Berdasarkan hasil pengembangan tersebut, maka karakteristik dari model
pembelajaran blended learning pada mata kuliah academic writing yang valid,
praktis dan efektif adalah model pembelajaran yang dilakukan secara daring
sebanyak 11 kali dan luring 5 kali, menggunakan platform online ‘Perpisa
Academic Writing, proses pembelajaran meliputi dari proses pra menulis sampai
menulis kembali. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat
valid dan mampu meningkatkan kemampuan menulis akademik mahasiswa
Actions (login required)
|
View Item |