Motif Self Disclosure Mahasiswa Melalui Instagram Story (Studi: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNP

Arif, Muhammad (2024) Motif Self Disclosure Mahasiswa Melalui Instagram Story (Studi: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_MUHAMMAD_ARIF_170580730_2433_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif Self Disclosure mahasiswa melalui Instagram Story pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNP. Hal ini menarik untuk di teliti karena dalam penggunaan instagram story pengguna memperlihatkan atau mengungkapkan diri pengguna kepada pengikutnya, dalam menggunakan instagram pengguna memiliki tujuan-tujuan tertentu, hal tersebut menjadi persoalan yang menarik karena tujuan dari masing-masing pengguna tersebut berbeda. Penelitian ini menggunakan teori aksi yang dijelaskan oleh Talcott Parsons dalam menjawab pertanyaan tujuan pada penelitian. Teori ini menjelaskan bahwa tindakan manusia muncul dari kesadarannya sendiri sebagai subjek dan dari situasi eksternal dalam posisinya sebagai objek. Sebagai objek manusia bertindak atau berperilaku untuk mencapai tujua-tujuan tertentu. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendektan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 14 orang informan, pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Untuk mengkaji kredibilitas dari penelitian digunakan teknik trianggulasi. Data di analisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan ada beberapa motif mahasiswa menggunakan instagram story di media sosial Instagram, antaranya: (1) motif pamer gaya hidup, yaitu keinginannya untuk memaerkan gaya hidup seperti fashion dan liburan dan menunjukkannya kepada sesama pengguna instagram. (2) motif membangun citra diri, motif berupa keinginan untuk memperlihatkan citra diri mereka di instagram terkait hobi atau kegiatan positif mereka. (3) motif informasi, motif berupa keinginan untuk mencari dan memberikan informasi terkait mengenai seputar kegiatan perkuliahan. (4) motif ekonomi, motif berupa keinginan untuk memperoleh penghasilan dari penggunaan media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
CorrectorGautama, Muhammad IsaUNSPECIFIED
CorrectorMardiah, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA SOSIAL, INSTAGRAM, STORY MAHASISWA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:59
Last Modified: 25 Apr 2024 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51498

Actions (login required)

View Item View Item