Sah, Gefri
(2023)
Analisis Kualitas Pelayanan Publik dengan
menggunakan Gap Analysis pada KPP Pratama
Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan publik pada KPP
Pratama Payakumbuh, tujuannya adalah untuk mengetahui, bagaimana kualitas
pelayanan publik pada KPP Pratama Payakumbuh dilihat dari empat variabel
yaitu akuntabilitas, tranparansi, profesionalisme dan efektifitas serta mengetahui
kendala dan program yang dilakukan oleh KPP Pratama Payakumbuh dalam
meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan
populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang mengurus pajak di KPP
Pratama Payakumbuh dengan jumlah responden 50 orang dan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis yang
digunakan adalah dengan mencari tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan
dari wajib pajak terhadap pelayanan yang diberikan dan ,menggunakan diagram
kartesius untuk menetapkan letak/posisi masing-masing pelayanan dimasing�masing kuadran berdasarkan hasil kuisioner dari wajib pajak.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesesuaian
variabel akuntabilitas dan efektivitas berada di atas dari rata-rata keseluruhan dari
diagram kartesius juga menunjukkan bahwa indikator dari variabel ini pada
umumnya berada pada kuadran ke II dan IV ini menunjukkan bahwa pelayanan
yang diberikan sudah sesuai dengan harapan wajib pajak. Sedangkan untuk
variabel tranparansi dan variabel profesionalisme rata-rata tingkat kesesuaian
berada di bawah rata-rata keseluruhan dan pada diagaram kartesius, indikator
variabel pada umumnya berada di kuadran 1 dan 3, hal ini menunjukkan perlu
perbaikan pelayanan
Actions (login required)
|
View Item |