Analisis Pengaruh Infrastruktur Transportasi dan Kepadatan Penduduk Dampaknya Terhadap Pendapatan Per Kapita di Pulau Sumatera

Alvina, Cut Aja (2023) Analisis Pengaruh Infrastruktur Transportasi dan Kepadatan Penduduk Dampaknya Terhadap Pendapatan Per Kapita di Pulau Sumatera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_CUT_AJA_ALVINA_19060006_1430_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Pengaruh Infrastruktur Jalan dan Kepadatan Penduduk Terhadap Pendapatan Per Kapita di Indonesia : Analisis Data Provinsi Tahun 2015-2022. Penelitian ini merupakan upaya untuk menambah literatur yang ada tentang penelitian Pendapatan Per Kapita di Pulau Sumatera. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini ialah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) serta instansi terkait lainnya yang dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu variabel dependen ialah Pendapatan Per Kapita dan variabel independen yaitu terdiri dari Infrastruktur Jalan dan Kepadatan Penduduk. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan metode Random Effect Model (REM) dengan cross section 10 Provinsi di Pulau Sumatera dan time series 2015-2022. Temuan pada hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Infrastruktur jalan mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan per kapita di pulau Sumatera. (2) Kepadatan penduduk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan per kapita di pulau Sumatera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTriani, MikeUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, ZulUNSPECIFIED
CorrectorSari, Yollit Permata SariUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Apr 2024 05:40
Last Modified: 25 Apr 2024 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51486

Actions (login required)

View Item View Item