Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 8 Padang dengan Berbantuan Flipchart dan Flashcard

Ningsih, Kurniati (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 8 Padang dengan Berbantuan Flipchart dan Flashcard. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B1_04_KURNIATI_NINGSIH_18058088_2673_2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendanya keaktifan belajar siswa yang ada di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga mampu menarik siswa yang ada didalak kelas untuk melakukan aktifitas belajar yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang menggunakan media belajar flipchart dan flashcard. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ini terhadap keaktifan belajar siswa di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data peneitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian yang dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang ada sembilan indikator yang di observasi untuk mengetahui aktif belajar yaitu mengamati, mencatat, membaca, mendengarkan, mencoba, membuat, berbicara, berdiskusi, dan mengerjakan latihan. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang pada indikator mengamati 48,7%, mencatat 34,4%, membaca 41,3%, mendengar 51,7%, mencoba 48,7%, membuat 34,4%, berbicara 51,7%, berdiskusi 58,6%, dan mengerjakan latihan 51,7%. Dan pada tahap siklus I di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang pada indikator mengamati 70,65%, mencatat 37,85%, membaca 46,5%, mendengar 60,3%, mencoba 51,7%, membuat 51,7%, berbicara 55,1%, berdiskusi 62%, dan mengerjakan latihan 65,45%. Pada tahap siklus II yang dilaksanakan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang pada indikator mengamati 82,75%, mencatat 49,95%, membaca 55,15%, mendengar 62%, mencoba 55,15%, membuat 53,4%, berbicara 62,05%, berdiskusi 67,2%, dan mengerjakan latihan 70,65%. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa yang ada di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang dengan menggunakan model pembelajaran dan media yang digunakan. Kata kunci : keaktifan belajar siswa, kelas XI IPS, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, flipchart, flashcard, penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
Correctornora, DesriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEAKTIFAN BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION, PENELITIAN TINDAKAN KELAS.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Apr 2024 05:40
Last Modified: 25 Apr 2024 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51485

Actions (login required)

View Item View Item