Giska, Endah Fauziah
(2024)
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat
Kepuasan Masyarakat Pada Program Budayakan Arsip Keluarga Menjadi Dokumen Berharga (BASIKAMEH) di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Provinsi
Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kualitas layananpada program BASIKAMEH, (2) tingkat kepuasan masyarakat Kota Solok, (3)
pengaruh kualitas layanan program BASIKAMEH terhadap tingkat kepuasanmasyarakat Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini mengambil 57 orang responden yang merupakan peserta padaprogram BASIKAMEH. Teknik pengambilan sampel pada penelitianini
menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, kuesioner (angket), dan juga wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layananmendapatkan nilai rata-rata 3,19 yang masuk pada kategori “Baik”. Maka dapat
dikatakan bahwa kualitas layanan pada program BASIKAMEH sudah baik selamapelaksanaannya. Pada variabel kepuasan masyarakat mendapatkan nilai rata-rata3,25 yang masuk pada kategori “Sangat Puas”. Maka dapat dikatakan bahwakepuasan masyarakat pada program BASIKAMEH sudah sangat memuaskanbagi
masyarakat. Berdasarkan analisis hasil kuesioner, kualitas layanan programBASIKAMEH di Kota Solok Sumatera Barat berpengaruh terhadap kepuasanmasyarakat di Kota Solok. Hal ini sesuai dengan adanya hasil koefisien korelasi
sebesar 0,369 yang tergolong dalam korelasi lemah.
Actions (login required)
|
View Item |