Aksesibilitas Pemustaka Penyandang Disabilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Standar IFLA Checklis

Pambudi, Dimas Muhammad (2024) Aksesibilitas Pemustaka Penyandang Disabilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Standar IFLA Checklis. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_08_DIMAS_MUHAMMAD_PUMBUDI_19234065_1622_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aksesibilitas pemustaka penyandang disabilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, aksesibilitas pemustaka penyandang disabilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat berdasarkan standar IFLA Checklist, dan kendala yang dihadapi dalam pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber data. Teknik pengabsahan data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitiaan ini adalah sebagai berikut. Pertama, aksesibilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat belum sepenuhnya terwujud hal tersebut dikarenakan masih banyak kekurangan yang ditemukan dalam pelaksanaan layanan aksesibilitias penyandang disabilitas, seperti kemudahan pemustaka dalam memenuhi kebutuhannya belum sepenuhnya terwujud dan koleksi bahan pustaka yang tersedia hanya buku dengan cetakan braille. Kedua, berdasarkan standar IFLA Checklist jumlah poin tidak sesuai lebih besar daripada jumlah poin yang sesuai, dengan demikian dapat dikatakan bahwa aksesibilitas bagi pemustaka penyandang disabilitas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan masih belum sesuai dengan standar IFLA Checklist. Ketiga, kendala yang dihadapi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dalam pemenuhan aksesibilitas pemustaka difabel dari berbagai aspek seperti minimnya pendanaan yang tersedia, kurangnya pengetahuan teknis pelaksanaan, dan keterbatasan sumber daya manusia yang berkompetensi dalam penyelenggaraan penyediaan pelayanan bagi pemustaka berkebutuan khusus atau difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aksesibilitas, disabilitas, standar IFLA
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:17
Last Modified: 24 Apr 2024 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51469

Actions (login required)

View Item View Item